Selain booking tiket pesawat, tren menginap di hotel selama Lebaran 2017 diprediksi mengalami peningkatan. Terutama di kota-kota besar, dari Yogya sampai Bali.

Data tersebut diungkapkan oleh Pegipegi.com, Online Travel Agen (OTA) yang melayani pemesanan tiket pesawat, kereta, dan juga voucher hotel. Berdasarkan tren Lebaran Tahun 2016 lalu, traveler lebih suka booking di hari H yaitu sebesar 32,39%, baru disusul 1-3 hari sebelum hari H, yaitu sekitar 25,28 %.

“Untuk booking hotel, behaviour traveler Indonesia sukanya last minutes. Untuk yang check in dan booking di hari yang sama masih cukup banyak, masih mayoritas, baru 1-3 hari dari hari booking,” ujar Takeo Kojima, CEO Pegipegi.com dalam acara Media Gathering di Kaffeine, The Foundry No 8, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu (14/6/2017) petang.

Puncak pemesanan hotel selama masa libur Lebaran 2017 diprediksi satu minggu sebelum sampai satu minggu sesudah minggu lebaran. Kojima juga memprediksi tren menginap di hotel selama Lebaran 2017, akan mengalami kenaikan, terutama di 5 kota besar, yaitu Yogyakarta, Bandung, Solo, Bali dan terakhir Jakarta.

Itu dibuktikan dengan kenaikan harga kamar hotel di kota-kota tersebut yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya. Rata-rata keluarga yang tidak mudik memanfaatkan waktu lebaran dengan menginap di hotel, karena pembantu mereka mudik ke kampung halaman.

“Kota-kota seperti Bandung, Bali dan Yogya mengalamai kenaikan harga kamar hotel selama musim libur lebaran. Lonjakan harganya bisa sangat tinggi. Kota Yogyakarta kenaikannya mencapai 150%, Bandung 145%, Solo 140%, begitu juga Bali hingga Jakarta,” ungkap Kojima.

Sementara itu, Humutur Hutapea, Senior Sales Manajer Pegipegi.com menambahkan, tren menginap di hotel selama Lebaran 2017 diprediksi juga akan meningkat di kota-kota kecil lainnya. Kota tersebut antara lain Cirebon, hingga Banyuwangi.

“Tren di kota-kota kecil di Pulau Jawa juga mengalami peningkatan. Contohnya Cirebon, Pangandaran, dan Banyuwangi. Traveler dari Surabaya yang mau jalan-jalan ke Bali biasanya berhenti di Banyuwangi. Dia bawa keluarga kan, sekalian istirahat. Permintaan hotel jadi bertambah,” tutup Humutur. (wsw/wsw)

 

http://travel.detik.com

Leave a Reply